EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Scientific Articles » PascaSarjana
Posted by hdnurhadi@me.its.ac.id at 02/09/2016 02:20:38  •  293 Views


KAJIAN NUMERIK PENGARUH VARIASI INJECTION TIMING TERHADAP PERFORMA ENGINE GUNA OPTIMASI APLIKASI DUAL FUEL SOLAR DAN LPG PADA MESIN DIESEL STASIONER DIRECT INJECTION

Author :
HENDRO NURHADI ( 197511202002121002 )
JOKO SARSETIYANTO   CANDRA NURDIANSYAH




ABSTRAK

Telah banyak penelitian dilakukan seputar karakteristik LPG pada C.I.E.Compressed Ignition Engine Sebagian besar diantaranya menggunakan metode eksperimental dan masih sedikit yang menggunakan simulasi numerik sebagai alat analisis terutama pada karakteristik tekanan dan temperatur yang dihasilkan oleh C.I.E. berbahan bakar LPG yang diduga lebih tinggi dibandingkan C.I.E. berbahan bakar solar. Kajian secara numerik ini memanfaatkan perangkat lunak Lotus Engine Simulation LES sebagai alat bantu utama. Langkah awal adalah pengukuran dimensi beberapa komponen engine yang akan digunakan sebagai parameter input pemodelan numerik. Kemudian dilakukan analisis pembakaran unjuk kerja dan perubahan tekanan didalam silinder mesin dengan LES berdasarkan hasil pengukuran dimensi yang telah dilakukan sebelumnya dengan memvariasikan rasio udara-bahan bakar Air Fuel Ratio - AFR dan waktu injeksi injection timing. Beberapa hasil yang didapatkan yaitu terjadi perbaikan performa brake torque brake power BMEP dan BSFC yang cukup signifikan pada engine berbahan bakar LPG dengan pengaturan AFR 155 dan injection timing 23 BTDC dibandingkan engine berbahan bakar solar pada kondisi operasional standar dengan nilai kenaikan masing - masing sebesar 925 924 925 dan penurunan sebesar -1472 . Temperatur combustion gas.



KeywordsCompressed ignition engine; LPG; Injectionn timing; Air-fuel ratio
 
Subject:  diesel engines
Date Create: 00/00/0000
Type: Text
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Article-90005160010209
Collection ID: 90005160010209
Call Number: 623.872 36 Hen k


Source
article of Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana XIV ITS ISBN 978-602-96565-7-2

Coverage
ITS Community

Rights
Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana XIV ITS ISBN 978-602-96565-7-2




[ Download - Summary ]

ITS-Article-90005160010209-41805.pdf




 Similar Document...

     No similar subject found !


! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.198.52.8
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2017 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan