EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Scientific Articles » Luar ITS
Posted by hdnurhadi@me.its.ac.id at 01/09/2016 14:51:34  •  297 Views


PERENCANAAN KENDALI KEMUDI KAPAL CEPAT BERBASIS PADA SISTIM PENGGERAK DENGAN AKTUATOR PROPULSION-ENGINE

Author :
HENDRO NURHADI ( 197511202002121002 )
MUHAMMAD RAZI   YUNARKO TRIWINARNO




ABSTRAK

Indonesia sebagai salah satu Negara kepulauan dengan luas wilayah lautan lebih luas dibandingkan daratannya pertahanan wilayah bahari harus menjadi perioritas utama. Sayangnya ketergantungan Negara kita terhadap ALUTSISTA matra laut dari pihak luar masih sangat besar Mayoritas kapal perang yang digunakan oleh pihak TNI-AL saat ini merupakan hasil pembelian dari pihak asing kondisi ini sangat tidak menguntungkan bagi pertahanan-keamanan Negara kita mengingat mudahnya pihak asing membaca kemampuan pertahanan Indonesia. Guna mengurangi ketergantungan teknologi dari pihak luar serta menunjang kemandirian tegnologi dibidang pertahanan - keamanan maka penelitian yang berfokus pada pengembangan kapal perang merupakan suatu hal yang mutlak harus dilakukan oleh anak-anak bangsa. Penelitian ini dilakukan pada drive system yang merupakan bagian dari platform kapal dengan cakupan desain dan modeling stand alone drive system dengan spesifikasi kapal LOA 9071 m Lwl 8352m B 1402m T 360m Vs 25 40 knot. Penelitian difokuskan pada desain dan modeling propeler battleship berupa perhitungan tahanan kapal perhitungan daya penggerak kapal perhitungan daya maneuver kapal batas maksimum dan minimum yaw steering sistem steering control yang digunakan pemilihan propeler sistem keseimbangan antara kecepatan rotasi propulsion dengan sudut putar rudder pada saat bermanuver Serta desain dan modeling drive system berupa pemodelan sistem yang menghasilkan persamaan fisik dan transfer fuction dengan pemodelan pada matlab. Capaian yang diinginkan dari penelitian ini adalah didapatkannya jenis dan type propeler yang sesuai digunakan pada spesifikasi kapal yang telah ditentukan daya penggerak yang digunakan serta pemodelan sistem kontrol speed dan position dan sistem kontrol steering yang sesuai digunakan pada kapal jenis ini.



KeywordsPropulsion; motor penggerak; steering control sistem; matlab; Maxsurf; Hullspeed transfer function
 
Subject:  propulsion
Date Create: 16/10/2012
Type: Text
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Article-99005160010202
Collection ID: 99005160010202
Call Number: 623.873 Hen p


Source
article of Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XI (SNTTM XI) & Thermofluid IV Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, 16-17 Oktober 2012

Coverage
ITS Community

Rights
Teknik Mesin Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, 2012




[ Download - Summary ]

ITS-Article-99005160010202-41795.pdf




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.162.159.33
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2018 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan