EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Scientific Articles » Luar ITS
Posted by hdnurhadi@me.its.ac.id at 02/09/2016 02:40:39  •  355 Views


STUDI KOMPARASI SIMULASI NUMERIK UNJUK KERJA SPARKPLUG IGNITION ENGINE BERBAHAN BAKAR BENSIN DAN LPG PADA PENGGERAK MESIN POMPA PETANI TIPE CS8.5 ST

Author :
CANDRA NURDIANSYAH ( none )
HENDRO NURHADI   ATOK SETIYAWAN; MAHIRUL MURSYID




ABSTRAK

Pengembangan sumber sumber alternative dalam rangka mengurangi ketergantungan terhadap bahan bakar minyak BBM telah menjadi agenda penting pemerintah sejak dituangkannya PERPRES tentang Kebijakan Energi Nasional. Kebijakan tersebut diterjemahkan dalam bentuk upaya pemberdayaan sumber-sumber energi yang ada. Liquefied Petroleum Gas LPG telah mendapatkan perhatian akhir akhir ini sebagai bahan bakar alternatif yang tepat diaplikasikan pada Spark Ignition Engine S.I.E 4 langkah terutama pada Engine Stasioner. Penelitian menggunakan analisis numerik terutama pada karakteristik temperatur yang dihasilkan oleh S.I.E. berbahan bakar LPG yang diduga lebih tinggi dibandingkan S.I.E. berbahan bakar gasoline. Analisis dengan metode simulasi numerik dilakukan pada engine berkapasitas 300 cm3 dengan membuat percobaan suatu system dan menganalisa dengan bantuan pemodelan perangkat lunak Lotus Engine Simulation LES sebagai alat bantu utama. Langkah awal adalah pengukuran dimensi beberapa komponen engine yang akan digunakan sebagai parameter input pemodelan numerik. Kemudian dilakukan analisis unjuk kerja pembakaran dan heat transfer dengan LES berdasarkan hasil pengukuran dimensi yang telah dilakukan sebelumnya dengan memvariasikan rasio udara-bahan bakar Air Fuel Ratio - AFR menurut stoikiometri dan waktu pengapian ignition timing. Hal ini dimaksudkan agar saat melakukan percobaan ekperimen suatu sistem tersebut akan mengalami resiko kegagalan yang lebih kecil. Beberapa hasil yang didapatkan yaitu terjadi perbaikan performa brake torque brake power BMEP dan BSFC yang cukup baik pada engine berbahan bakar LPG STD dengan pengaturan AFR 155 dan ignition timing 10 BTDC dibandingkan engine berbahan bakar gasoline pada kondisi operasional standar dengan nilai kenaikan masing - masing sebesar 011 07 014 dan penurunan sebesar - 57 .Temperatur combustion gas mean combustion gas exhaust port gas inner cylinder dan temperatur outer cylinder pada LPG dengan pengaturan AFR 155 menurut stoikiometri dan ignition timing 10 BTDC meningkat masing - masing sebesar 364 604 156 248 dan 135



KeywordsSpark Ignition Engine; LPG ; Ignition Timing; AFR
 
Subject:  pumps
Date Create: 15/04/2015
Type: Text
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Article-99005160010215
Collection ID: 99005160010215
Call Number: 621.67 Can s


Source
article of Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi ISSN 2407-4845

Coverage
ITS Community

Rights
Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi ISSN 2407-4845




[ Download - Summary ]

ITS-Article-99005160010215-41811.pdf




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.198.170.159
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2018 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan