EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Master Theses » Disain Sistem Mekanikal
Posted by aprill@is.its.ac.id at 12/11/2015 13:40:24  •  895 Views


STUDI NUMERIK MENEJEMEN ENERGI PADA KENDARAAN HYBRID DENGAN KERS

NUMERICAL STUDY OF MANAGEMENT ENERGY IN HYBRID ELECTRIC VEHICLE WITH KERS

Author :
HADI, HERRY SUFYAN ( 2112 205 005 )




ABSTRAK

Pada saat ini pengembangan kendaraan diarahkan menuju Low Emission Vehicle LEV. Kendaraan yang dikategorikan menjadi LEV adalah adalah mobil hybrid yang sistem penggeraknya memadukan antara convensional engine dengan motor listrik. Permasalahan utama dari mobil hybrid ini terletak pada manajemen energinya sehingga tesis ini bertujuan untuk mendapatkan model kendaraan dengan motor listrik sebagai penggerak mobil langsung mendapatkan model sistem hybrid KERS elektrikal pada kendaraan listrik mendapatkan model kendaraan saat bergerak lurus dan saat berbelok dengan penggerak motor listrik yang dilengkapi KERS dan mendapatkan model sistem penggerak FWD RWD dan 4WD berdasarkan besarnya gaya normal. Studi ini dilakukan dengan simulasi menggunakan numerical software. Langkah awal dari thesis ini adalah dengan memodelkan generator sebagai alat untuk mengubah putaran engine yang bekerja pada keadaan optimum yaitu sebesar 123 Nm pada putaran 3200 rpm menjadi energi listrik. Energi listrik ini akan digunakan untuk memutar roda dan mengisi baterai. Langkah kedua adalah dengan mensimulasikan motor listrik sebagai penggerak langsung pada. Selain itu motor ini akan berubah secara otomatis menjadi generator ketika dilakukan pengereman pada kendaraan. Pengereman yang dilakukan pada simulasi ini sebanyak empat kali berdasarkan New Europe-Urban driving cycle. Selanjutnya adalah dengan mensimulasikan baterai sebagai sumber energi sekaligus penyimpan energi listrik dari KERS dan sebagian energi listrik dari generator. Selain itu mensimulasikan sistem penggerak roda otomatis berdasarkan besarnya gaya normal roda depan dan belakang. Sistem penggerak FWD dilakukan ketika gaya normal roda depan lebih besar dari roda belakang begitu juga sebaliknya ketika gaya normal roda belakang lebih besar dari roda depan maka sistem yang digunakan adalah RWD. Sedangkan sistem 4WD dilakukan ketika gaya normal roda depan dan belakang sama dan kendaraan melalui jalan off road. Dari hasil simulasi diperoleh bahwa besarnya arus yang keluar dari generator sebesar 93 A pada saat engine dalam keadaan optimum. Sedangkan arus maksimum yang dihasilkan dari empat kali pengereman sebesar 1725 A 100 A 1188 A dan 1225 A. Dari simulasi ini didapatkan juga bahwa sistem kendali yang dirancang untuk motor dan roda sesuai dengan kriteria yang diinginkan yaitu dengan rise time dapat dicapai dalam waktu 139 detik overshoot sebesar 8 dan settling time yang dicapai sistem adalah 139 detik. Pada tesis ini juga diperoleh bahwa sistem RWD lebih dominan dari pada FWD dan 4WD ketika kendaraan dalam keadaan menanjak dan melaui jalan yang datar. Namun apabila kendaraan sedang menurun tidak ada sistem penggerak yang dominan. Hal ini tergantung besarnya percepatan. Selain itu pada jalan off road 4WD lebih cocok digunakan daripada sistem yang lain.


ABSTRACT

At this moment the vehicle development toward to Low Emission Vehicle LEV. The vehicles that are categorized into LEV system is a Hybrid Electrical Vehicle HEV. It combines conventional engine and electric motor. The main problem of HEV is on energy management so this paper purposed to get vehicle model with direct wheel drive get hybrid system of electric KERS in HEV get vehicle model when move straight and turn and get driving system model FWD RWD and 4WD based on magnitude of normal force. This study was carried out by simulation using Matlab-Simulink software. The initial step of this thesis is to model generator as an equipment to change engine speed that is working on optimal state 123 Nm at 3200 rpm into electrical energy. This electrical energy is used to spin the wheel and charge the battery. The second step simulate the electric motor as direct wheel drive. In addition this motor will change automatically become a generator when is braking. In this simulation braking is done four times based on Europe-Urban Driving cycle. The next a battery as well as a source of electrical energy storage energy of KERS and some electrical energy from the generator is simulated. Additionally it simulates automatically drive system based on normal force in the front and rear wheels. The FWD system is done when normal force in front wheel is larger than rear wheel RWD system is done when normal force in front wheel is smaller than rear wheel. The 4WD system is performed when the normal force at the front wheels and the rear wheels are same and the vehicle is off road. The simulation result show that output current magnitude of generator is 93 A when the engine is done in optimum state. The maximum current is generated from four times of braking 1725 A 100 A 1188 A and 1225 A. From this simulation is also found that the control system that is designed for motor and wheels is appropriate with desired criteria with rise time can be achieved for 1.39 seconds 8 overshoot and settling time is achieved for 139 seconds. This thesis shows that system RWD is better than FWD and 4WD when vehicle run on the road with flat road or uphill road. When vehicle run in the descent there werent most dominant of system. it influenced by acceleration of vehicle.



Keywordsdriving cycle; Direct Wheel Drive; FWD; RWD; 4WD
 
Subject:  Kontrol otomatis; Energi kinetik; mobil listrik
Contributor
  1. Dr. Ir. Bambang Sampurno, MT
  2. Prof. Ir. I. Nyoman Sutantra, M.Sc., Ph.D
Date Create: 12/11/2015
Type: Text
Format: pdf
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Master-21103150001530
Collection ID: 21103150001530
Call Number: RTM 629.229 3 Had s


Source
Mater Theses of Mechanical Engineering, RTM 629.229 3 Had s, 2015

Coverage
ITS Community

Rights
Copyright @2015 by ITS Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Master-39500-2112205005-abstract_id.pdf - 256 KB
  2.  ITS-Master-39500-2112205005-abstract_en.pdf - 324 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.157.226.227
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2017 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan