UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111
Phone
:
031-5921733 , 5923623
Fax
:
031-5937774
E-mail
:
libits@its.ac.id
Website
:
http://library.its.ac.id
Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id
Welcome..guys!
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT
Moh. Fandika Aqsa
Davi Wahyuni
Tondo Indra Nyata
Anis Wulandari
Ansi Aflacha
ITS » Master Theses » Rekayasa Kualitas S2 Posted by budi at 23/12/2006 14:56:44 • 55568 Views
DISAIN SISTEM PELAYANAN DENGAN PENDEKATAN SIMULASI DAN TINGKAT ASPERASI STUDI KASUS PADA UNIT URUSAN STNK KANTOR SAMSAT CABANG PEKALONGAN DI KAJEN
Author : PARKHAN, ALI
ABSTRAK
Kinerja sistem pelayanan pada unit urusan SINK kantor SAMSAT cabang Pekalongan di Kajen saat ini belum mencerminkan aspirasi pengambilan keputusan. Hal ini tercermin dari rata-rata waktu tunggu dalam sistem yang relatif tinggi dan adanya ketidakseimbangan beban masing-masing petugas. Oleh karena itu diperlukan suatu disain sistem pelayanan yang dapat menjawab permasalahan tersebut.
Kompleksitas permasalahan pada unit urusan STNK cukup tinggi karena elemen-elemen sistem berhubungan dengan manusia yang sulit diprediksi kelakuan dan pengaruhnya terhadap sistem secara keseluruhan sehingga permasalahan tidak dapat diterjemahkan dalam model matematis yang bisa diselesaikan seara eksak. Salah satu teknik yang bisa dipakai untuk kondisi semacam ini adalah simulasi dengan bantuan komputer. Penggunaan simulasi hanya dapat memberikan nilai-nilai statistik yang menunjukkan nilai parameter dari sistem. Untuk merancang model keputusan yang dapat dipergunakan dalam merancang sistem pelayanan digunakan model tingkat aspirasi.
Berdasarkan evaluasi sistem pelayanan saat ini diperoleh bahwa rata-rata waktu tunggu dalam sistem adalah 104.37 menit sedangkan aspirasi pengambil keputusan 90 menit. Utilitas petugas Bagian Penyaringan Berkas E dan F Bagian Penelitian dan Penetapan Pajak I dan JJ masing-masing 11.64 56.71 54.94 dan 14.35.
Berdasarkan 3 skenario yang diusulkan yaitu
a. Skenario A menyamakan kegiatan E F yang semula berbeda dapat
mengurangi rata-rata waktu tunggu dalam sistem menjadi 95.817 menit
dan merubah rata-rata utilitas petugas E F 1 JJ masing-masing menjadi
36.33 36.19 56.49 dan 14.88 .
b. Skenario B menggabungkan kegiatan I dan JJ serta merubahnya dari
stasiun yang semula seri menjadi paralel . Usulan ini akan mampu
mengurangi rata-rata waktu tunggu dalam sistem menjadi 85.11 menit dan
merubah rata-rata utilitas E F I JJ masing-masing menjadi 11.87
57.06 39.49 dan 39.55 .
c. Skenario C menyamakan kegiatan E F yang semula berbeda sekaligus
menggabungkan kegiatan I dan JJ serta merubahnya dari sistem yang
semula seri menjadi paralel . Usulan ini mampu mengurangi rata-rata
waktu tunggu dalam sistem menjadi 86.47 menit dan merubah rata-rata
utilitas E F I JJ masing-masing menjadi 35.07 34.90 39.76 dan
39.68 .
Skenario A dapat mengurangi rata-rata waktu tunggu dalam sistem tetapi belum sesuai dengan aspirasi pengambil keputusan. Skenario B dan C sesuai aspirasi pengambilan keputusan dan dapat mengurangi waktu tunggu dalam sistem masing-masing sebesar 18.45 dan 17.15. Dari segi rata-rata waktu tunggu dalam sistem skenario B merupakan usulan yang lebih baik dibandingkan skenario C sedangkan dari segi keseimbangan utilitas skenario C lebih baik dibandingkan skenario B.
Keywords:
balance; simulasi;desain
Subject
: Perangkat lunak komputer
Contributor
Dr.Ir.Supano,MSIE. Nurhadi Siswanto,ST.,MSIE.
Date Create
: 23/12/2006
Type
: Text
Format
: pdf; 87 pages
Language
: Indonesian
Identifier
: ITS-Master-3100003018397
Collection ID
: 3100002014540
Call Number
: 003.3 Par d,
Source Theses industrial engineering RT 003.3 Par d,2001
Coverage ITS community only
Rights Copyright @2001 by ITS Library. This publication is protected by copyright and permission should be obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a retrievel system, or transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording, or likewise. For information regarding permission(s), write to ITS Library