EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Master Theses » Manajemen Pembangunan Kota - S2
Posted by anis at 05/01/2007 16:37:26  •  21251 Views


EVALUASI PENERAPAN SISTEM INFORMASI KEPENDUDUKAN UNTUK PELAYANAN PEMBUATAN KTP DI KOTA PALEMBANG DAERAH STUDI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATALAN SIPILDAN KECAMATAN BUKIT KECIL

EVALUATING the APPLICATION of INFORMATION SYSTEM of INHABITATION MANAGEMENT to SERVE THE MAKING OF IDENTITY CARD in PALEMBANG CASE STUDY at INHABITATION DEPARTMENT and CIVIL SERVICE and BUKIT KECIL DISTRICT

Author :
MULYADI, EKO 




ABSTRAK

Penerapan suatu sistem ke dalam pelaksanaan pelayanan publik berfungsi untuk menunjang kualitas pelayanan tersebut menjadi lebih baik cepat dan efisien. Kualitas pelayanan pemerintah Kota Palembang saat ini banyak disoroti oleh masyarakatnya. Salah satunya adalah pelayanan pembuatan Kartu Tanda Penduduk KTP yaitu suatu kartu yang berfungsi sebagai kartu identitas bagj warga negara Indonesia sebagai penduduk suatu daerah. Dalam melayani pembuatan KTP di Kota Palembang telah menerapkan suatu sistem informasi dalam proses penggumsannya yaitu Sistem Informasi Manajemen Kependudukan SIMDUK. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dan evaluatif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Analisa yang dilakukan menggunakan analisa kualitatif dan kuantitatif. Analisa kuantitatif dilakukan dengan menggunakan uji Korelasi Kendalls dan uji Korelasi Spearmens. Sedangkan untuk menentukan kadar pelaksanaan setiap indikator digunakan diagram kartesius. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan penerapan SIMDUK tersebut fenomena yang terjadi di masyarakat adalah adanya perbedaan antara harapan masyarakat dengan persepsi masyarakat tersebut akan kualitas pelayanan dalam pengurusan KTP ini. Ada beberapa indikator yang menunjang dalam pelaksanaan pelayanan yang saat ini tingkat pelaksanaannya masih belum belum memuaskan masyarakat yaitu pada indikator akurasi layanan ketepatan waktu dan biaya layanan. Dari segi kelembagaan pada manajemen sumber daya manusia permasalahan yang timbul adalah tidak adanya peraturan yang mengatur mengenai standarisasi sumber daya manusia yang harus dimiliki baik itu menyangkut status pegawai jumlah pegawai kemampuan dan ketrampilan pegawai serta pendapatan pegawai. Sedangkan hubungan antar instansi belum dilakukan dengan sistem on-line masih menggunakan media disket untuk transfer data dari kecamatan ke Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang. l Dari segi prosedur pelaksanaan tidak adanya peraturan yang mengatur mengenai lamanya waktu proses dalam pengurusan KTP sehingga masyarakat selaku konsumen dirugikan dalam hal waktu serta ketidaksesuaiannya antara biaya yang dikeluarkan oleh masyarakat dengan biaya yang tertera dalam peraturan. Dalam hal penerapan teknologi informasi kemampuan dari perangkat keras yang dimiliki saaat ini masih cukup mampu untuk menunjang pelaksanaan pelayanan sedangkan dari segi perangkat lunak ada beberapa tools pada program SIMDUK yang tidak bisa dioperasikan atau dijalankan program tersebut hanya dapat mengoperasikan entri dan cetak data Kartu Keluarga dan Kartu Tanda Penduduk saja sehingga informasi di bidang kependudukan lainnya seperti angka kelahiran angka kematian dan informasi kependudukan lainnya tidak bisa dihasilkan oleh SIMDUK tersebut. Dari hasil analisa tersebut maka kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil maupun Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang hams senantiasa mempelajari dan memahami harapan-harapan masyarakat atas kualitas pelayanan yang diberikan dan juga senantiasa meningkatkan kualitas dalam pelayanan pengurusan KTP ini untuk meningkatkan kepuasaan masyarakat dalam menerima layanan. Selain itu perlu juga melakukan peningkatan kemampuan aparat Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Palembang serta aparat pada Kecamatan Bukit Kecil Kota Palembang yang berkaitan dengan penerapan SIMDUK dalam melakukan pelayanan melalui program pendidikan dan pelatihan. Hal lain yang perlu dilakukan adalah melakukan beberapa kajian dalam hal sumber daya manusia waktu layanan biaya layanan teknologi informasi yang diterapkan serta kajian mengenai hubungan antar instansi pelaksana layanan.


ABSTRACT

The application of a system in the execution of public service is meant to make the quality of the service better more quickly efficiently. The quality of service in government offices in Palembang is being observed by society. One of them is the service for the process making identity card ID a card which is used as an identity for Indonesian citizen as an inhabitation of a region. The process for making Identity Card in Palembang has used a system called Information system of Inhabitation management. This study is descriptive and evaluative research using qualitative approach. The data is analyzed using qualitative and quantitative analysis. The quantitative analysis is carried out using Kendalls and Spearmints correlation analysis while the degree of the execution for each indicator is determined using Cartesius diagram. The result of the research shows that the service quality for making or obtaining Identity Card is still not as expected especially the cost the service and time accuracy. From the point of view of the institution these problems occur firstly because there is no regulation for the human resources standardization either concerning with the employee status the number of employees their capabilities and skills or their earnings secondly the system used to transfer data from the district office to the Department of Inhabitation and Civil Service in Palembang still uses media of disk it is not on - line and from the point of view of the execution procedure there is no regulation about the length of time concerning with the process for making ID. Thus the society as consumers of this service suffer from inconveniences in terms of time. In addition the cost the people pay for the service is different from what is stated in the regulation. So far the hardware is capable of applying information technology to support the execution of the service but some tools in the software cannot be operated to get information about natality and mortality rate and other information about inhabitation they can only operate entry and print data of Identity and family Cards. in From the above analysis it is expected that the Department of Inhabitation and Civil Service always learn and understand the peoples expectation about the quality of service given and always improve it especially the quality of service for making Identity Card. In addition to that the human resources in the Department of Inhabitation and Civil service as well as in Bukit Kecil district office need to be improved especially those related with the application of Information System of Inhabitation management through education and training. Other things which have to be done are conducting study about human resources service time cost information technology applied and the relation between Departments giving the service.



KeywordsEvaluasi ; sistem informasi ; kependudukan ; pelayanan umum ; kualitas pelayanan.
 
Subject:  Manajemen Sistem Informasi
Contributor
  1. Ir. Eko Budi Santoso, Lic. Rer. Reg
    DR. Ir. Herbasuki Wibowo, MUP
Date Create: 05/01/2007
Type: Text
Format: pdf ; 180 pages
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Master-3100004019931
Collection ID: 3100004019931
Call Number: 658.403 801 1


Source
Theses Architecture RTA 658.403 801 1 Mul e, 2003

Coverage
ITS Community

Rights
Copyright @2003 by ITS Library. This publication is protected by copyright and permission should be obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a retrievel system, or transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording, or likewise. For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Summary ]

ITS-Master-3100004019931-699.pdf




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 3.80.4.76
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2019 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan