EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Master Theses » Telekomunikasi Multimedia S2
Posted by dewi007 at 02/09/2009 15:44:14  •  4049 Views


SIMULASI PERGERAKAN PASUKAN MENUJU TARGET MENGGUNAKAN METODE POTENSIAL FIELD

TROOP MOVEMENT TO TARGET SIMULATION USING POTENTIAL FIELD METHOD

Author :
Widodo, Mas`an ( 2207205719 )




ABSTRAK

Pada sebuah game pertempuran klasik perpindahan pasukan ke target yang dituju merupakan sebuah hal yang cukup penting. Pergerakan pasukan menuju target menghindari musuh dan tabrakan antar pasukan merupakan hal penting didalam pergerakan pasukan pada sebuah game. Prinsip seperti ini memiliki kemiripan dengan prinsip pergerakan Autonomous Mobile Robot AMR. Salah satu metode untuk mengatur pergerakan robot tersebut adalah menggunakan metode potensial field. Metode ini memiliki prinsip seperti medan magnet yang menarik atau menolak partikel besi yang ada di sekitarnya. Berdasarkan karakteristik metode ini maka metode ini dirasa dapat digunakan untuk mensimulasikan pergerakan pasukan dalam sebuah game. Perilaku menolak partikel besi diaplikasikan untuk musuh dan perilaku menarik diaplikasikan untuk target. Dengan demikian diharapkan pasukan dapat menghindari musuh dan menuju target dengan kedua perilaku tersebut. Setelah diadakan simulasi dan penelitian dengan menggunakan metode Potensial Field pasukan dapat bergerak menuju target dan memiliki kemampuan untuk menghindari musuh. Dalam menghindari musuh pasukan bergerak berdasar kekuatan musuh. Jika musuh lemah maka pasukan hanya akan menghindar dekat dengan musuh dan jika musuh kuat maka pasukan akan menghindar dengan lebih jauh. Walaupun pasukan dapat menghindar pasukan tetap melewati area jangkauan serangan musuh. Penggunaan metode ini memilki kelemahan jika dua musuh berada dalam jarak yang berdekatan dan area serangnya saling berpotongan di suatu daerah maka daerah tersebut bisa memilki potensial field yang rendah karena resultan gaya kedua musuh saling mengurangi. Hal ini dianggap pasukan sebagai daerah aman untuk dilewati padahal daerah ini sebenarnya merupakan daerah yang paling berbahaya. Kelemahan kedua adalah terkadang pasukan terjebak dalam lokal minima. Permasalahan ini terjadi karena pasukan tidak memilki keamampuan prediksi. Jika metode ini dibandingkan dengan metode Vektor Field Histogram VFH dalam penelitian ini metode VFH secara umum menunjukkan hasil yang lebih baik daripada Potensial Field akan tetapi pada saat pasukan menuju target yang berada dalam kepungan musuh metode Potensial Field menunjukkan kemampuan yang lebih baik.


ABSTRACT

Troop movement into target is important thing in war classic game. Avoiding enemy and crashing between another troop member are important in a classic war game. This behavior similar to Autonomous Mobile Robot AMR movement. Potential field is a method that used in AMR. The rules of this method as like a magnet field that attract or repulse iron particle. Based on this characteristic we assumed that this method can be implemented to make simulation troop moving in a game. Repulsing iron particle behavior can be used to avoid enemys and attracting behavior can be used to drive troop to target. After making simulation using potential field method we know that the troop is able to find a target and capable to avoid enemys. When the troop avoid the enemys it has capability to distinguish between strong or weak enemys. If the troop find the strong enemys it will be pass far from the enemys. But if the troop find the weak enemys it will pass near from the enemys. Although it is able to avoid the enemys it is still pas in enemys attack range. The weakness of this method is a condition when the troop pass between two enemys attack range proportion. The troop will think that in that area is save area but in real word that area is a dangerous area. Local minima is another problems from this method this is happened because the troop hasnt prediction capability. If we compare potential field method between Vector Field Histogram VFH method in this experiment VFH show better result than Potential Field. But in special condition such as the troop has to go to target that placed in the middle of enemys Potential Field is more effective than Vector Field Histogram method



KeywordsPotensial Field ; skenario ; simulasi ; Vektor Field Histogram
 
Subject:  Permainan komputer
Contributor
  1. Mochamad Hariadi, ST., M.Sc., Ph.D.
Date Create: 02/09/2009
Type: Text
Format: pdf.
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Master-3100009035264
Collection ID: 3100009035264
Call Number: RTE 006.3 Wid s


Source
Master Theses of Electrical Engineering, RTE 006.3 Wid s, 2009

Coverage
ITS Community Only

Rights
Copyright @2009 by ITS Library. This publication is protected by copyright and permission should be obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a retrievel system, or transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording, or likewise. For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Summary ]

ITS-Master-3100009035264-5330.pdf




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 3.238.8.102
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2020 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan