Ruas Jalan Legundi Pertigaan Bunder adalah sebuah
jalan yang terletak antara Krian dan Gresik yang merupakan jalur
alternatif menuju Gresik Selatan Utara. Ruas jalan ini terdiri
dari 1 jalur 2 lajur dengan tipe jalan 22 UD. Lebar jalan rata-rata
75 meter. Ruas jalan ini mengalami kerusakan lapis permukaan
antara lain amblas butir-butir aspal terlepas retak kulit buaya
dan kerusakan alur serta saluran drainase yang tidak berfungsi
dan kurang pemeliharaan. Berdasarkan kondisi eksisting jalan
yang demikian maka perlu dilakukan perencanaan pelebaran
lapis tambahan overlay dan perencanaan drainase pada ruas
Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link 169 Km 5700 -8700
ini untuk mengatasi permasalahan tersebut.
Mengacu dari latar belakang di atas maka dalam proyek
akhir ini penulis merencanakan peningkatan jalan ini.
Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi kontrol geometrik
jalan dengan menggunakan dasar-dasar Perencanaan Geometrik
untuk Jalan 1992 perhitungan analisis kapasitas jalan dengan
metode Manual kapasitas Jalan Indonesia MKJI 1997 jalan
perkotaan perencanaan tebal perkerasan struktur perkerasan
lentur dengan menggunakan metode SNI 1723-1989-F sesuai
petunjuk DPU Bina Marga dalam buku Perencanaan Tebal
Struktur Perkerasan Lentur oleh Silvia Sukirman Perencanaan
tebal lapis tambahn overlay menggunakan metode Analisis
Komponen Bina Marga perencanaan saluran tepi jalan drainase
berdasarkan SNI 03-3424-1994 perencanaan dinding penahan
menggunakan Structural Fondations Retainning Walls -1 dalam
Data Book for Civil Engineers Design Third Edition
perhitungan rencana anggaran biaya menggunakan Standard
Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisis Harga Satuan
pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Jawa Timur Tahun
2012.
Peningkatan Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link
169 Km Legundi 5700 8700 ini membutuhkan pelebaran
ruas jalan sebesar 45 meter dari 75 meter menjadi 12 meter atau
3 meter per lajur 42 UD. Ruas jalan ini membutuhkan lapis
tambahan AC laston MS 744 sebesar 10 cm sedangkan untuk
pelebaran dibutuhkan 10 cm dengan lapis permukaan AC laston
MS 744. Perencanaan saluran tepi drainase berbentuk segi
empat menggunakan bahan dari beton. Saluran tepi drainase
menggunakan lebar dasar saluran sebesar 045 100 meter dan
tinggi saluran 05 10 meter. Perencanaan saluran tepi drainase
dilengkapi dengan dinding penahan. Total estimasi biaya Rp
17.590.485.00000 Tujuh Belas Milyar Lima Ratus Sembilan
Puluh Juta Empat Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah
ABSTRACT
Jalan Legundi Pertigaan Bunder is a road between
Krian and Gresik. It is an alternative road to Gresik South-
North. The roads type is 22 UD that consists of one strip and
two lanes. Ruas jalan ini terdiri dari 1 jalur 2 lajur dengan tipe
jalan 22 UD. Average width 75 meters. The roads were
damaged surface layer that is grade depressions ravelling
aligator cracks and rutting. Side ditchs are not functioning and
less maintenance. Based on the condition of existing roads its
necessary to design the widening overlay and drainage design on
Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link 169 Km 5700 -8700
to overcome that problems.
Reffering to the premise above the writer designed a
betterment road in this final project. Design of betterment road
consist control geometric using standard of Perencanaan
Geometrik untuk Jalan 1992 analysis of cappacity road using
method from Manual Kapasitas Jalan Indonesia MKJI 1997
jalan perkotaan thickness design of flexible pavement structure
based on SNI 1723-1989-F from DPU Bina Marga on book
Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur by Silvia
Sukirman design of overlay using method Analysis Component
Bina Marga side ditch drainage design based on SNI 03-3424-
1994 retainning design based on Structural Fondations
Retainning Walls -1 on Data Book for Civil Engineers Design
Third Edition budget calculation based on Standard of unit price
construction and analysis unit of public departement East Java
Provience 2012.
Improvement of Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link
169 Legundi Km 5 700 - 8 700 needs a road widening of 4.5
meters from 7.5 meters to 12 meters or 3 meters per lane 42
UD. This road takes an additional layer Laston MS 744 AC of 10
cm while the 10 cm needed for widening the AC surface layer
Laston MS 744. Design of drainage is a square type and used
concrete materials. The drainage using a base width of 0.45 to
1.00 meters and height of the ditch from 0.5 to 1.00 meter. Design
of side ditch drainage equipped with a retaining wall. The total
estimated cost of Rp 17.590.485.00000 Seventeen Billion Five
Hundred Ninety Million Four Hundred and Eighty Five Thousand
Rupiahs
Bibliography Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina
Marga. 1987. “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan
Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen”.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina
Marga. 1997. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia
(MKJI)”.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina
Marga. 1994. “Tata Cara Perencanaan Drainase
Permukaan Jalan SNI 03 - 3424 – 1994”,.
Silvia Sukirman. 2010. “Perencanaan Tebal Struktur
Perkerasan Lentur”. Bandung : Nova Bandung.
Hamirhan Saodang. 2004. “Konstruksi Jalan Raya”.
Bandung : Nova.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina
Marga, 2012, “Harga Satuan Pokok Kegiatan”, Propinsi
Jawa Timur.
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina
Marga. 2012. “Pelaksanaan Pekerjaan Jalan”
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina
Marga. 1997. “Tata Cara Perencanaan Geometrik Antar
Kota (TPGJAK)”.
Seelye Elwyn E. John Wiley & Sons, Inc. “Data Book For
Civil Engineers Design”, New York.
Keywords:
Jalan legundi – Pertigaan Bunder (Link 169) Km
legundi 5+700 – 8+700 Kabupatrn Gresik
Propinsi Jawa Timur
Subject
: Jalan
Contributor
Ir. Rachmad Basuki, MS.
Date Create
: 14/07/2013
Type
: Text
Format
: PDF
Language
: Indonesian
Identifier
: ITS-NonDegree-31102160001465
Collection ID
: 31102160001465
Call Number
: RSS 625.8 Lub p
Source Non Degree Of Civil Engineering RSS 625.8 Lub p, 2016
Coverage ITS Community
Rights Copyright @2013 by ITS Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to ITS Library