EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Non Degree » TEKNIK SIPIL - D3
Posted by tondoindra@gmail.com at 25/11/2016 13:57:45  •  636 Views


PERENCANAAN PENINGKATAN JALAN LEGUNDI - PERTIGAAN BUNDER LINK. 169 KM LEGUNDI 5700 - 8700 KABUPATEN GRESIK PROPINSI JAWA TIMUR MENGGUNAKAN PERKERASAN LENTUR

DESIGN OF ROAD IMPROVEMENT JALAN LEGUNDI PERTIGAAN BUNDER LINK. 169 KM LEGUNDI 5700 8700 GRESIK REGENCY EAST JAVA PROVINCE USING FLEXIBLE PAVEMENT

Author :
LUBIS, REYSHA RIZKI AMANDA  ( 3110030059 )
FAJRIAN, TULUS ABDAN




ABSTRAK

Ruas Jalan Legundi Pertigaan Bunder adalah sebuah jalan yang terletak antara Krian dan Gresik yang merupakan jalur alternatif menuju Gresik Selatan Utara. Ruas jalan ini terdiri dari 1 jalur 2 lajur dengan tipe jalan 22 UD. Lebar jalan rata-rata 75 meter. Ruas jalan ini mengalami kerusakan lapis permukaan antara lain amblas butir-butir aspal terlepas retak kulit buaya dan kerusakan alur serta saluran drainase yang tidak berfungsi dan kurang pemeliharaan. Berdasarkan kondisi eksisting jalan yang demikian maka perlu dilakukan perencanaan pelebaran lapis tambahan overlay dan perencanaan drainase pada ruas Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link 169 Km 5700 -8700 ini untuk mengatasi permasalahan tersebut. Mengacu dari latar belakang di atas maka dalam proyek akhir ini penulis merencanakan peningkatan jalan ini. Perencanaan peningkatan jalan ini meliputi kontrol geometrik jalan dengan menggunakan dasar-dasar Perencanaan Geometrik untuk Jalan 1992 perhitungan analisis kapasitas jalan dengan metode Manual kapasitas Jalan Indonesia MKJI 1997 jalan perkotaan perencanaan tebal perkerasan struktur perkerasan lentur dengan menggunakan metode SNI 1723-1989-F sesuai petunjuk DPU Bina Marga dalam buku Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur oleh Silvia Sukirman Perencanaan tebal lapis tambahn overlay menggunakan metode Analisis Komponen Bina Marga perencanaan saluran tepi jalan drainase berdasarkan SNI 03-3424-1994 perencanaan dinding penahan menggunakan Structural Fondations Retainning Walls -1 dalam Data Book for Civil Engineers Design Third Edition perhitungan rencana anggaran biaya menggunakan Standard Satuan Harga Dasar Konstruksi dan Analisis Harga Satuan pekerjaan Dinas Pekerjaan Umum Propinsi Jawa Timur Tahun 2012. Peningkatan Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link 169 Km Legundi 5700 8700 ini membutuhkan pelebaran ruas jalan sebesar 45 meter dari 75 meter menjadi 12 meter atau 3 meter per lajur 42 UD. Ruas jalan ini membutuhkan lapis tambahan AC laston MS 744 sebesar 10 cm sedangkan untuk pelebaran dibutuhkan 10 cm dengan lapis permukaan AC laston MS 744. Perencanaan saluran tepi drainase berbentuk segi empat menggunakan bahan dari beton. Saluran tepi drainase menggunakan lebar dasar saluran sebesar 045 100 meter dan tinggi saluran 05 10 meter. Perencanaan saluran tepi drainase dilengkapi dengan dinding penahan. Total estimasi biaya Rp 17.590.485.00000 Tujuh Belas Milyar Lima Ratus Sembilan Puluh Juta Empat Ratus Delapan Puluh Lima Ribu Rupiah


ABSTRACT

Jalan Legundi Pertigaan Bunder is a road between Krian and Gresik. It is an alternative road to Gresik South- North. The roads type is 22 UD that consists of one strip and two lanes. Ruas jalan ini terdiri dari 1 jalur 2 lajur dengan tipe jalan 22 UD. Average width 75 meters. The roads were damaged surface layer that is grade depressions ravelling aligator cracks and rutting. Side ditchs are not functioning and less maintenance. Based on the condition of existing roads its necessary to design the widening overlay and drainage design on Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link 169 Km 5700 -8700 to overcome that problems. Reffering to the premise above the writer designed a betterment road in this final project. Design of betterment road consist control geometric using standard of Perencanaan Geometrik untuk Jalan 1992 analysis of cappacity road using method from Manual Kapasitas Jalan Indonesia MKJI 1997 jalan perkotaan thickness design of flexible pavement structure based on SNI 1723-1989-F from DPU Bina Marga on book Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur by Silvia Sukirman design of overlay using method Analysis Component Bina Marga side ditch drainage design based on SNI 03-3424- 1994 retainning design based on Structural Fondations Retainning Walls -1 on Data Book for Civil Engineers Design Third Edition budget calculation based on Standard of unit price construction and analysis unit of public departement East Java Provience 2012. Improvement of Jalan Legundi Pertigaan Bunder Link 169 Legundi Km 5 700 - 8 700 needs a road widening of 4.5 meters from 7.5 meters to 12 meters or 3 meters per lane 42 UD. This road takes an additional layer Laston MS 744 AC of 10 cm while the 10 cm needed for widening the AC surface layer Laston MS 744. Design of drainage is a square type and used concrete materials. The drainage using a base width of 0.45 to 1.00 meters and height of the ditch from 0.5 to 1.00 meter. Design of side ditch drainage equipped with a retaining wall. The total estimated cost of Rp 17.590.485.00000 Seventeen Billion Five Hundred Ninety Million Four Hundred and Eighty Five Thousand Rupiahs



Bibliography
Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 1987. “Petunjuk Perencanaan Tebal Perkerasan Lentur Jalan Raya Dengan Metode Analisa Komponen”. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. “Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)”. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 1994. “Tata Cara Perencanaan Drainase Permukaan Jalan SNI 03 - 3424 – 1994”,. Silvia Sukirman. 2010. “Perencanaan Tebal Struktur Perkerasan Lentur”. Bandung : Nova Bandung. Hamirhan Saodang. 2004. “Konstruksi Jalan Raya”. Bandung : Nova. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga, 2012, “Harga Satuan Pokok Kegiatan”, Propinsi Jawa Timur. Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 2012. “Pelaksanaan Pekerjaan Jalan” Departemen Pekerjaan Umum Direktorat Jendral Bina Marga. 1997. “Tata Cara Perencanaan Geometrik Antar Kota (TPGJAK)”. Seelye Elwyn E. John Wiley & Sons, Inc. “Data Book For Civil Engineers Design”, New York.

KeywordsJalan legundi – Pertigaan Bunder (Link 169) Km legundi 5+700 – 8+700 Kabupatrn Gresik Propinsi Jawa Timur
 
Subject:  Jalan
Contributor
  1. Ir. Rachmad Basuki, MS.
Date Create: 14/07/2013
Type: Text
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: ITS-NonDegree-31102160001465
Collection ID: 31102160001465
Call Number: RSS 625.8 Lub p


Source
Non Degree Of Civil Engineering RSS 625.8 Lub p, 2016

Coverage
ITS Community

Rights
Copyright @2013 by ITS Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-NonDegree-41832-Paper.pdf - 201 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.225.57.120
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2017 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan