EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Proceeding » Fakultas Teknologi Kelautan
Posted by rudiwp@oe.its.ac.id at 23/09/2015 18:07:55  •  916 Views


STUDI EKSPERIMENTAL PENGARUH PENAMBAHAN HELICAL ROD BER-GAP PADA SILINDER RIGID TERTUMPU FLEKSIBEL TERHADAP RESPON GERAKNYA

Author :
ARIANTI, ERDINA  ( None )
PRASTIANTO ,RUDI WALUJO   DJATMIKO, EKO BUDI




ABSTRAK

Kelelahan yang dialami elemen struktur silindris seperti riser dan pipa bawah laut salah satu penyebabnya adalah efek yang dihasilkan oleh Vortex Induced Vibration VIV. Getaran dari fenomena VIV ini akan menimbulkan kerusakan jika frekuensinya sama atau mendekati frekuensi natural struktur yang sering disebut resonansi atau lock-in. Resonansi tersebut akan menyebabkan getaran berlebih dan kelelahan sehingga struktur akan patah Yamamoto dkk. 2004. Permasalahan tersebut mendorong semakin banyaknya penelitian tentang VIV salah satunya adalah penelitian oleh Blevins 2001 yang menjelaskan bahwasanya terdapat empat cara untuk meredam VIV yaitu meningkatkan reduced damping menghindari terjadinya resonansi menggunakan streamlined cross section dan menambahkan alat peredam vortex vortex suppression device. Penelitian dalam makalah ini secara khusus membahas salah satu upaya untuk mereduksi VIV dengan pemasangan passive control device jenis baru berupa triple helical rod ber-gap pada silinder terhadap respon gerak yang terjadi. Penelitian ini dilakukan secara eksperimental di laboratorium wind tunnel dimana silinder dikondisikan hanya memiliki satu derajat kebebasan gerak dalam arah tegak lurus terhadap arah datang angin crossflow response. Displacement silinder arah crossflow diukur dengan akselerometer. Elemen struktur silindris dimodelkan sebagai segmen kecil yang berupa sebuah silinder rigid dengan tumpuan spring sebagai pendekatan aspek fleksibilitas segmen tersebut ketika dikenai beban lingkungan. Dengan adanya penambahan helical rod ber-gap dengan pengujian pada bilangan Reynolds Re 22.000 25.000 dan 35.000 menunjukkan penurunan displacement arah crossflow-nya berturut-turut sebesar 48.48 29.68 dan 49.28. Dalam rentang pengujian ini efektivitas pemasangan helical rod ber-gap ini terhadap penurunan respon gerak silinder terjadi pada Re di atas 17.500.



Keywordscrossflow response, helical rod ber-gap, Vortex Induced Vibration (VIV).
 
Subject:  Struktur hidraulis
Date Create: 01/12/2015
Type: Text
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Proceeding-40114150000134
Collection ID: 40114150000134
Call Number: 627.98 Ari s


Source
Article of Proceedings

Coverage
ITS Community

Rights
Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana XIV – ITS ISBN 978-602-96565-7-2




[ Download - Summary ]

ITS-Proceeding-40114150000134-38986.pdf




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 3.227.240.31
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2019 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan