EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Research Report » Teknik Perkapalan
Posted by taujack@its.ac.id at 06/06/2012 12:36:45  •  1998 Views


PENGEMBANGAN MODA KAPAL YANG AMAN DAN RAMAH LINGKUNGAN KAJIAN MENDALAM APLIKASI BENTUK KATAMARAN DENGAN BERBAGAI KONFIGURASI PADA KAPAL IKAN

Author :
SETYAWAN, DONY ( None )
UTAMA, K A PRIA    MURDIJANTO; JAMALUDIN, ANDI; HANTORO, RIDHO




ABSTRAK

Aplikasi konfigurasi atau moda kapal katamaran sebagai kapal penumpang khususnya untuk angkutan penyeberangan atau feri telah dikenal luas dan dengan berbagai keberhasilan. Penelitian saat ini difokuskan pada pengernbangan moda kapal katamaran sebagai kapal penangkap ikan. Pertimbangan mendasar dari pernilihan katamaran adalah karena moda kapal ini sangat stabil merniliki luasan geladak yang cukup besar sehingga seorang desainer kapal memiliki keleluasaan lebih untuk merancang misalnya tata letak ruangan kapal ikan yang meliputi penataan ruang palkah ikan. Pemilihan alat tangkap serta penataan ruang kerja dan akomodasi ABK. Survey lapangan yang dilakukan di Pulau Bali serta Provinsi Jawa Tengah dan Jawa Timur menyimpulkan bahwa kapal-kapal ikan dengan ukuran atau kapasitas kecil kira-kira 10 GT adalah berupa moda trimaran atau kapal den gan 3 lambung. Akan tetapi dua lambung lainnya yang berada di sisi kiri dan kanan yang dikenal dengan istilah katir atau cadik bukanlah lambung yang sempurna. Lambung ini lebih berfungsi sebagai sarana stabilitas. Selanjutnya dikembangkan 4 moda kapal yaitu 1 round bilge monohull. 2 chine monohull 3 katamaran simetris dan 4 katamaran asimetris. Penelitian dilakukan dengan 3 metode yaitu 1 dengan software komersial desain kapal Maxsurf 2 secara numerik dengan CFD 3 uji model kapal di towing tank. Hasil yang diperoleh memperlihatkan adanya faktor interferensi pada model CFD dimana kondisi ini tidak terukur pada pengertiaan dengan Maxsurf. Alhasil hasil perhitungan CFD adalah relatif lebih besar dibandingkan dengan pengujian dengan Maxsurf Pengujian model kapal dengan memperhatikan aspek hambatan dan propulsi kapal melengkapi rangkaian penelitian ini. Sebuah desain kapal ikan katamatan dikembangkan untuk mengakomodasi kelebihan yang dimiliki oleh moda kapal ini.


ABSTRACT

The application of catamaran mode or configuration as passenger vessels especially for short sea transportation has been well known along with its various success of operation. The current work is focused on the development of catamaran as fishing vessell. Basic consideration of the choice of catamaran is because this vessel mode is very stable and having wider desck area hence provides better opportunity to ship designer to design say the layout of fishing vessel including cargo fishing hold the choice of chating tools and layout of accommodation and working area of crew. Survey has been carried out in Bali Island and the Provinces of Central Java and east Java and concluded that the small size fishing vessel of about 10 GT is of trimaran or three-hull vessel. However the other two side hull which is popularly known as outrigger is not a full hull. The outrigger is likely for stability purposes. Furthermore 4 modes of vessel have been developed namely 1 round bilge monohull 2 chine monohull 3 symmetrical catamaran and 4 asymmetrical catamaran. the work was carried out using three methods namely 1 using commercial ship design software called Maxsurf 2 numerical study using computational fluid dynamics CFD approach and 3 experimental investigations using towing tank. Final result showed that resistance interference phenomena exist under CFD study and this is not available under Maxsurf investigation. Therefore CDF result is adequately higher that the maxsurf study. Furthermore experimental work using ship model and focused on resistance and propulsion characteristics completed the current work. Finally a new concept of the design of catamaran fishing vessel is made.



Keywordshambatan; propulsi; katamaran; maxsurf; CFD; towing tank
 
Subject:  Fishing boats--design
Date Create: 06/06/2012
Type: Text
Format: pdf
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Research-3100012000074
Collection ID: 3100012000074


Source
Research Report of PROGRAM HIBAH KOMPETITIF PENELITIAN UNGGULAN STRATEGIS NASIONAL BATCH II TAHUN I

Coverage
ITS Community




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Research-19164-Conclusion.pdf - 1057 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.92.155.160
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2017 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan