EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Undergraduate Theses » Statistika
Posted by dee@its.ac.id at 31/05/2010 09:13:39  •  2709 Views


ANALISA STATISTIK TERHADAP SEGMENTASI PELANGGAN DAN POSITIONING BENTAR SWALAYAN DI KOTAMADYA MOJOKERTO

Author :
KHOZIN, ELYS SRIFATUL ( 1300100013 )




ABSTRAK

Keistimewaan pasar swalayan yang mampu memenuhi berbagai kebutuhan belanja konsumen dalam satu tempat one-stop shopping store menyebabkan keberadaan pasar swalayan semakin dibutuhkan oleh masyarakat terutama di daerah perkotaan yang semakin lama semakin sibuk dan menginginkan waktu berbelanja yang singkat. Munculnya Bentar Swalayan di jalan Mojopahit 429A Kota Mojokerto merupakan fenomena yang menangkap peluang tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut maka tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah mengetahui karakteristik pelanggan Bentar Swalayan berdasarkan pendekatan demografi dan perilaku mengetahui segmentasi pelanggan beserta karakteristiknya berdasarkan preferensi dan mengetahui posisi Bentar Swalayan diantara pesaingnya yaitu Sanrio Swalayan SABA Swalayan dan Pasific Swalayan berdasarkan persepsi pelanggan. Karaktersitik pengunjung Bentar Swalayan yang terpilih sebagai responden 140 respoden dianalisa menggunakan analisa deskriptif untuk mengetahui gambaran karakteristik responden yang menjadi obyek penelitian. Sedangkan segmentasi pelanggan Bentar Swalayan Mojokerto berdasarkan dilakukan dengan analisa kelompok dengan menggunakan K-Means Methods. Selanjutnya untuk mengetahui posisi persaingan antara Bentar Swalayan SABA Swalayan Sanrio Swalayan dan Pasific Swalayan berdasarkan persepsi pelanggan dilakukan analisa peta posisi dengan menggunakan analisa faktor untuk menentukan koordinat dari tiap swalayan untuk tiap konsep. Berdasarkan analisa diperoleh bahwa segmen Bentar Swalayan ada dua yaitu segmen I lebih mementingkan harga barang yang murah dalam memilih sebuah pasar swalayan untuk berbelanja. Sedangkan segmen II lebih mengutamakan kelengkapan dan kualitas barang dalam memilih sebuah pasar swalayan untuk berbelanja. Variabel yang signifikan dependen dengan segmen yaitu rata-rata pengeluaran tiap bulan inisiator memilih pasar swalayan untuk berbelanja dan partner berbelanja di pasar swalayan. Berdasarkan analisa peta posisi diperoleh bahwa Bentar Swalayan unggul pada konsep fasilitas dan konsep pelayanan. Sedangkan untuk konsep harga dan kualitas unggul pada faktor harga namun lemah pada faktor kelengkapan dan kualitas.



Keywordspelanggan swalayan ; K-Means Methods ; konsep harga dan kualitas unggul
 
Subject:  Statistika
Contributor
  1. Ir.ARIE KISMANTO,M.Sc
Date Create: 31/05/2010
Type: Text
Format: pdf.
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Undergraduate-3100004021088
Collection ID: 3100004021088
Call Number: RSSt 519.5 Kho a


Source
Undergraduate Thesis, Statistics, RSSt 519.5 Kho a, 2004

Coverage
ITS Community

Rights
Copyright @2010 by ITS Library. This publication is protected by copyright and permission should be obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a retrievel system, or transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording, or likewise. For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Undergraduate-10652-1300100013-Abstract_id.pdf - 102 KB
  2.  ITS-Undergraduate-10652-1300100013-Conclusion.pdf - 170 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 34.237.76.91
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2019 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan