EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Undergraduate Theses » Teknik Sipil Ekstensi S1
Posted by aseri at 12/01/2010 14:04:43  •  4492 Views


ANALISA PERENCANAAN LOKASI PEMBERHENTIAN HALTE BIS KOTA PADA RUTE BIS BUNGURASIH-BRATANG ARIFIN MAKMUR

PLANNING ANALYSIS FOR HALT LOCATION OF CITY BUS AT BUNGURASIH TO BRATANG BUS ROUTE

Author :
Makmur, Arifin 




ABSTRAK

Permasalahan umum yang paling menonjol di kota Surabaya khususnya di sektor transportasi adalah masalah kemacetan lalu lintas. Salah satu penyebabnya adalah volume kendaraan yang melebihi kapasitas jalan. Kondisi ini akan menghambat sirkulasi pergerakan lalu lintas dari satu tempat ke tempat lain. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus dalam hal peningkatan sarana dan prasarana transportasi. Salah satu alternatif adalah dengan meningkatkan fasilitas pemberhentian halte bis kota khususnya pada jalur rute bis kota Bungurasih Bratang sehingga penggunaan bis kota dapat di optimalkan. Dengan demikian penggunaan kendraan pribadi dapat diminimalkan untuk mengurangi kemacetan lalu lintas . Di sepanjang ruas rute bis kota Bungurasih Bratang saat ini terdapat 6 pemberhentian halte bis kota. Sedangkan untuk rute Bratang Bungurasih terdapat 4 pemberhentian halte bis kota dengan kondisi yang bagus dan masih berfungsi. Namun karena jumlahnya yang kurang memadai mengakibatkan bis-bis kota rute Bungurasih Bratang menaikkan dan menurunkan penumpangnya di sepanjang rute tersebut. Tidak hanya itu calon penumpang pun memberhentikan bis disembarang tempat disepanjang rute bis tersebut sehingga mempengaruhi kondisi lalu lintas pada ruas tersebut. Permasalahan tersebut mendasari Tugas Akhir ini yang bertujuan untuk memperoleh alternatif terbaik dalam menentukan lokasi pemberhentian halte bis kota yang strategis agar pergerakan angkutan umum dan penumpang dapat berjalan dengan efektif dan aman.Analisa dalam penentuan halte delakukan dengan metodologi yaitu menganalisa data-data dari survey untuk memperoleh korelasi supplay and demand selain itu seluruh hasil survey di analisa dengan menggunakan peraturan Departemen Perhubungan 1996 jumlah demand dan Land Use selanjutnya di lakukan penentuan lokasi halte berdasarkan analisa tersebut. Berdasarkan hasil analisa Diperoleh data bahwa untuk rute bis Bratang-Bungurasih penggunan halte tidak resmi lebih besar yaitu 92.23 dan 7.79 penggunaan halte resmi sedangkan untuk rute bis Bungurasih-Bratang penggunan halte resmi sebanyak 8.51 dan 91.49 penggunaan halte tidak resmi. penentuan halte yang didasarkan pada peraturan perhubungan jumlah demand dan Land Use diperoleh 6 lokasi perhentian bis untuk rute bis Bratang-Bungurasih dan 9 lokasi untuk rute bis Bungurasih-Bratang.


ABSTRACT

Development of Malangsari Bridge is part of south pass way development project which conducted by Public Facility Department Bina Marga East Java Province. Malangsari Bridge located in Kendeng Lembu site border of Jember STA.20900 Glenmore Banyuwangi Residence. The main purpose is to give access for source utilization optimation in area development and supporting other sector such as natural resources and tourism. As an alternative design and study application some modification was made in this final project. For upper structure main pre cast beam infinite static while lower structure consist of 2 abutment and 2 beam with fundament droping pile. Pre cast concrete technology was chosen because it is very suitable for long range bridge construction and reliability to construction with combining steel wite and high quality concrete. In Malangsari Bridge design modification still based on structural demand PPTJ BMS 1992 with output main standard structure pre cast beam AASHTO-PCI type V h160 m Actump. 1.190.110 mm2 Itump. 26923 x 1011 mm4 Aclap. 653.500 mm2 Ilap. 2169 x 1011 mm4 have a lot of 5 with distance between beam s 185 m for main beam L 3350 m before launching Fo 6.600.000 N resulted in prestrain loss 1930 direct loss and 1856 indirect loss with number of strand 40 mounted to 2 tendon Aps 5.41091 mm2 . While main beam L 10050 m continuous beam Fo 11.300.000 N with prestrain loss 3278 direct loss and 1309 indirect loss with number of strand 66 mounted to 2 tendon Aps 9.01555 mm2 . The whole result design applied into technical drawing and expected to result a strong and reliable bridge construction.



KeywordsLokasi halte ; Bis kota ; Perencanaan
 
Subject:  PERENCANAAN LOKASI
Contributor
  1. Rachmad Basuki, Ir. MS
Date Create: 12/01/2010
Type: Text
Format: pdf
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Undergraduate-3100007029373
Collection ID: 3100007029373
Call Number: RSS 388.4 Mak a


Source
Undergraduate Theses, Civil Engineering, RSS 388.4 Mak a, 2007

Coverage
ITS Community Only




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Undergraduate-7418-3101109524-kesimpulan.pdf - 23 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 54.80.169.119
using CCBot/2.0 (http://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2017 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan