EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Undergraduate Theses » Teknik Perencanaan Wilayah & Kota
Posted by zamrud@its.ac.id at 09/03/2010 09:58:10  •  2509 Views


ARAHAN KEBIJAKAN MODAL SHIFT KENDARAAN PRIBADI KE BUS KOTA UNTUK PEKERJA ULANG-ALIK SIDOARJO-SURABAYA DI KECAMATAN WARU

Author :
SRI OKA RACHMADITA ( 3605100002 )




ABSTRAK

Ekspansi kegiatan perkotaan dari Kota Surabaya ke Kabupaten Sidoarjo khususnya Kecamatan Waru tidak diimbangi dengan ketersediaan angkutan umum yang andal untuk mendukung mobilitas masyarakat. Di sisi lain penggunaan angkutan umum dalam hal ini bus kota kurang diminati dibandingkan dengan kendaraan pribadi sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas di Surabaya. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk merumuskan arahan kebijakan modal shift kendaraan pribadi ke bus kota yang sesuai dengan karakteristik pola modal split moda eksisting dan sensitivitas parameter moda untuk pekerja ulang-alik Sidoarjo-Surabaya di Kecamatan Waru. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini antara lain logit biner analisis elastisitas analisis sensitivitas dan analisis triangulasi. Analisis logit biner digunakan dalam perumusan pola modal split eksisting. Analisis elastisitas digunakan untuk mencari seberapa elastis parameter yang sensitif dalam modal shift kendaraan pribadi ke bus kota. Analisis sensitivitas digunakan untuk mencari rentang perubahan parameter yang signifikan dalam modal shift kendaraan pribadi ke bus kota. Sementara itu analisis triangulasi antara hasil analisis peneliti dengan kebijakan studi terdahulu dan hasil wawancara stakeholder dilakukan untuk merumuskan arahan kebijakan modal shift kendaraan pribadi ke bus kota. vi Hasil penelitian menunjukkan bahwa pekerja ulang-alik berpenghasilan rendah dan bukan berpenghasilan rendah berbeda dari segi kepemilikan kendaraan. Pekerja ulang-alik bukan berpenghasilan rendah memiliki mobil sedangkan yang berpenghasilan rendah tidak mempunyai mobil. Pekerja ulangalik berpenghasilan rendah paling sensitif terhadap waktu di dalam kendaraan bus kota dibandingkan variabel waktu cadangan maupun waktu di luar kendaraan. Sehingga arahan yang dibutuhkan lebih bersifat insentif untuk meningkatkan kualitas bus kota dalam hal realibilitasnya. Sedangkan responden bukan berpenghasilan rendah sensitif terhadap waktu di luar kendaraan pribadi. Sehingga jika pelayanan bus kota tidak reliable akan sulit mengalihkan kendaraan pribadi ke bus kota. Sebaliknya jika ada sistem yang menimbulkan penambahan waktu di luar kendaraan pribadi pengguna kendaraan pribadi akan beralih ke moda yang lebih reliable. Dengan demikian arahan kebjakan modal shift mobil dan motor ke bus kota dengan mekanisme disinsentif melalui pembatasan parkir. Sementara kebijakan insentifnya antara lain integrasi sistem angkutan umum primer dan sekunder perbaikan perawatan dan pergantian mesin bus kota secara berkala jalur khusus bus kota yang didukung dengan frontage road peningkatan akses ke bus kota dengan kemudahan jangkauan terminal feeder halte jembatan penyeberangan dan jalur pejalan kaki yang terintegrasi mempercepat headway bus dan lyn pergantian sistem setoran menjadi sistem upah untuk sopir angkutan umum penyediaan gedung parkir di terminal serta penjadwalan bus kota.


ABSTRACT

Expansion urban activity of Surabaya to Sidoarjo especially Waru District unbalance with availability of rely on public transport to support society mobility. Otherwise usage of public transport in this case city bus less enthused than private vehicle causing traffic jam in Surabaya. Therefore this research aim to formulate direction of modal shift policy from private vehicle to city bus based on characteristic pattern of existing modal split and sensitivities parameter of mode for Sidoarjo-Surabaya commuter in Waru District. The analysis method used to formulate the pattern of existing modal split is binary logit analysis. Elasticity analysis used to find how elastic sensitive mode parameter in transferring private vehicle modal split to city bus. Sensitivity analysis used to find interval alteration of parameter which significant in opportunity transfers of usage from private vehicle to city bus. Meanwhile triangulation analysis among result of researcher analysis with policy former study and result of stakeholder interview conducted to formulate direction of modal shift policy from private vehicle to city bus. Result of research indicated that commuter who has low income and high incomes differ from facet of vehicle ownership. High income commuter at least have a car while who have low income didnt have car. Commuter with low income most sensitive toward time in city bus compared to spare time variable and also viii time out of vehicle. So that more required direction had the character of incentive to increase the quality of city bus in the case of its reliability. While high income commuter sensitive toward time out of private vehicle. So that if city bus service didnt reliable it will be hard to shift private vehicle to city bus. On the contrary if there was system generating addition of time out of private vehicle private vehicle user will move to more reliable mode. Thereby direction of modal shift policy private vehicle to city bus emphasized at disincentive by parking limitation. Meanwhile incentives by integrated primary and secondary transport system treatment and commutation city bus machine periodically accelerating headway bus way supported with the frontage road provision of parking building in the terminal integration of terminal bridge crossing and pedestrian paths changing deposit system become fee for public transports driver and also scheduling of city bus.



KeywordsTransportation
 
Subject:  Transportation
Contributor
  1. Siti Nurlaela, ST, M.Com
Date Create: 09/03/2010
Type: Text
Format: pdf
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Undergraduate-3100010038222
Collection ID: 3100010038222
Call Number: RSPW 388 Sri a


Source
Undergraduate of DEPARTMENT OF URBAN AND REGIONAL PLANNING FACULTY OF CIVIL ENGINEERING AND PLANNING, RSPW 388 Sri a, 2009

Coverage
Its Community

Rights
Copyrigth@2009




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Undergraduate-8754-3605100002-Abstract_id.pdf - 20 KB
  2.  ITS-Undergraduate-8754-3605100002-Abstract_en.pdf - 18 KB
  3.  ITS-Undergraduate-8754-3605100002-Conclusion.pdf - 409 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 34.234.207.100
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2020 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan