EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Undergraduate Theses » Teknik Perencanaan Wilayah & Kota
Posted by taujack@its.ac.id at 17/11/2011 13:29:06  •  1791 Views


KAJIAN PELUANG PERPINDAHAN PENGGUNAAN MODA KENDARAAN PRIBADI MOBIL DAN SEPEDA MOTOR KE BUS RAPID TRANSIT PADA KORIDOR I BUSWAY JAKARTA BLOK M KOTA

STUDY OF VEHICLE USAGE REPLACEMENT ROBABILITIES FOR PERSONAL VEHICLES CARS AND MOTORCYCLES USER TO BUS RAPID TRANSIT USER ON CORRIDOR I JAKARTA BLOK M - KOTA

Author :
PASOP6ATI, BRAM AGNI RUSTPAKSI  ( 3606100044 )




ABSTRAK

Pelayanan angkutan umum di Jakarta sangat buruk yang dapat dilihat ketidaktepatan ketidaknyamanan ketidakhandalan yang mengakibatkan masyarakat ang biasanya menggunakan moda pribadi enggan berpindah shifted ke angkutan umum seperti Bus Rapid Transit Transjakarta. Hal ini terjadi juga pada BRT Transjakarta koridor I yang menghubungkan Blok M Kota. Dari kondisi yang demikian akan mengakibatkan kinerja jaringan jalan menjadi buruk. Oleh karena itu perencanaan dan penataan transportasi yang baik khususnya untuk busway koridor I sangat diperlukan. Koridor I busway sebenarnya sudah dapat melayani pergerakan perjalanan pengguna moda namun kondisi eksisting menunjukkan bahwa perkembangan jumlah kendaraan yang ada di jalan koridor I sudah tidak dapat di layani oleh kapasitas jalan sehingga seringkali mengalami kemacetan. Salah satu alternatif untuk mengurangi kemacetan tersebut adalah penggunaan moda bus rapid transit atau yang lebih dikenal dengan naman busway yakni moda baru dengan pelayanan yang berbeda dari angkutan umum yang sudah ada sehingga diharapkan dengan adanya publik transit yang mempunyai pelayanan yang bagus pengguna angkutan pribadi akan berpindah ke moda busway. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis probabilitas perpindahan penggunaan moda kendaraan pribadi mobil dan sepeda motor ke Bus Rapid Transit pada koridor Blok M-Kota. Dalam penelitian ini dipakai asumsi bahwa pengguna angkutan umum tidak elastic terhadap pemilihan busway. Teknik analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah Regresi Logit Biner dengan mengalisa pola pemilihan moda pada kegiatannya. Hasil temuan menunjukkan bahwa responden lebih memilih menggunakan kendaraan pribadi dibandingkan dengan kendaraan umum seperti busway. Pola pemilihan moda antara kendaraan pribadi dan BRT hampir sama antara pengguna motor dan mobil. Kondisi eksisting peluang pemilihan moda BRT sebesar 0000038 jika ditinjau dari pengguna moda mobil dan sebesar 0000041 jika ditinjau dari pengguna moda sepeda motor. Peluang penggunaan BRT dapat lebih tinggi ketika dipengaruhi oleh waktu di luar kendaraan. Peluang penggunaan mobil tinggi saat waktu di luar kendaraan lebih kecil. Pengurangan waktu di luar kendaraan BRT Koridor I sebesar 60 sampai 90 menghasilkan peluang penggunaan BRT yang maksimal yaitu 08844 sampai dengan 09997 jika ditinjau dari pengguna mobil dan berlaku pada waktu di luar kendaraan BRT 1808 menitkm - 0483 menitkm. Selain itu pengurangan waktu di luar kendaraan BRT Koridor I sebesar 60 sampai 90 menghasilkan peluang penggunaan BRT yang maksimal yaitu 08826 sampai dengan 09996 jika ditinjau dari pengguna sepeda motor dan berlaku dengan waktu di luar kendaraan sebesar 0482 menitkm - 1935 menitkm. Dengan kata lain untuk menaikkan peluang penggunaan pada Koridor I Busway Jakarta waktu di luar kendaraan BRT yang harus diturunkan sebesar 0482 menitkm sampai 01935 menitkm dengan memperkecil headway busway dan juga memperbaiki headaway feeder danmemperkecil jangkauan halte busway dari daerah permukiman.


ABSTRACT

Public transport service in Jakarta is very bad this can be seen from the inaccuracies and inconvenience that result in people who normally use private modes are reluctant to move shifted to public transportation such as Bus Rapid Transit Transjakarta. This is also happens in BRT Corridor Transjakarta I which links Blok M - Kota. From this conditions will result in a poor road network performance. Therefore good planning and management of transportation especially for Busway Corridor 1 is really needed. Busway Corridor 1 actually has been served the movement of vehicle users but existing conditions indicate that the road capacity is not able anymore to serve the vehicles growth that causing traffic jams. One alternative to reduce traffic jams is to switch the personal vehicle user to the Bus Rapid Transit Busway which has better service than existing public transport. The purpose of this study is to analyze the displacement probabilities of private vehicle user cars and motorcycles to the Bus Rapid Transit user on Blok M-Kota Corridor. The assumption is that public transport users are not elastic to busway selection. Analysis technique used in this study is Binary Logit Regression by analyzing the pattern of selection of vehicles on its activities. The findings of this study indicate that respondents prefer to use private vehicles compared with public transports such as Transjakarta Busway. The selection pattern between the user o cars and motorcycles is almost equal to private vehicles and BRT. Existing BRT selection chances from car users is 0000038 and from the motorcycle user is 0000041. Probabability of BRT usage is influenced by the outside time of vehicle. Probabability of car use is high during the smaller outside time of vehicle. Probabability of BRT usage from car users is maximum 0.8844 to 0.9997 when there is a reduction 60-90 of outside time of vehicletime outside of the BRT is 0.483 min Km - 1.808 min Km. Probabability of BRT usage from motorcycle users is maximum 0.8826 to 0.9996 when there is a reduction 60-90 of outside time of vehicletime outside of the BRT is 0.482 min km - 1.935 min km.. Maximum probability of BRT usage from motorcycle users is 0.8826 to 0.9996. To increase the probabability of Busway usage the outside time of BRTs should be reduced by 0.482 min km to 0.1935 min km with reducing the busway headway repairing the feeders headway and minimizing the Busway Station range from residential areas.



KeywordsPeluang Perpindahan Penggunaan; Moda Pemilihan Moda; Busway; Logit Biner
 
Subject:  Transportasi perkotaan
Contributor
  1. IR. PUTU RUDY SATIAWAN, M.Sc
Date Create: 17/11/2011
Type: Text
Format: pdf
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Undergraduate-3100011043114
Collection ID: 3100011043114
Call Number: RSPW 388.4 Pas k


Source
Undergraduate Thesis, Regional and Urban Planning, RSPW 388.4 Pas k, 2011

Coverage
ITS Community

Rights
Copyright @2011 by ITS Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Undergraduate-16092-3606100044-Abstract_id.pdf - 543 KB
  2.  ITS-Undergraduate-16092-3606100044-Abstract_en.pdf - 509 KB
  3.  ITS-Undergraduate-16092-3606100044-Conclusion.pdf - 435 KB




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 3.210.201.170
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2020 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan