UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya
Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111
Phone
:
031-5921733 , 5923623
Fax
:
031-5937774
E-mail
:
libits@its.ac.id
Website
:
http://library.its.ac.id
Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id
Welcome..guys!
Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT
Moh. Fandika Aqsa
Davi Wahyuni
Tondo Indra Nyata
Anis Wulandari
Ansi Aflacha
ITS » Undergraduate Theses » S1 Teknik Sipil - Lintas Jalur Posted by dee@its.ac.id at 18/08/2015 17:28:30 • 1286 Views
IDENTIFIKASI DAN ANALISA RISIKO KECELAKAAN
KERJA DENGAN METODE FMEA FAILURE MODE AND
EFFECT ANALYSIS DAN FTA FAULT TREE ANALYSIS DI PROYEK JALAN TOL SURABAYA MOJOKERTO
IDENTIFICATION AND RISK ANALYSIS OF WORK
ACCIDENTS BY USING FMEA FAILURE MODE AND EFFECT ANALYSIS AND FTAFAULT TREE ANALYSIS METHOD IN THE HIGHWAY SURABAYA-MOJOKERTO PROJECT
Author : SINAGA, YESSI YOLANDA ( 3112105056 )
ABSTRAK
Pada kegiatan proyek konstruksi pembangunan fly over
terjadi berbagai ketidakpastian yang akan menimbulkan suatu
risiko yang dapat menghambat kelancaran proyek dan dapat
mempengaruhi potensi kecelakaan kerja. Kecelakaan kerja yang
terjadi serta ketidakdisiplinan merupakan beberapa faktor yang
akan berdampak pada penurunan produktifitas tenaga kerja.
Kecelakaan kerja akan menyebabkan keterlambatan kerja
pengeluaran serta mengganggu konsentrasi para pekerja lainnya
sehingga dapat mengurangi semangat kerja. Untuk mengurangi
dampak yang merugikan dalam pencapaian tujuan fungsional
suatu proyek maka diperlukan suatu sistem manajemen risiko
K3 antara lain meliputi identifikasi analisa serta monitoring
terhadap risiko yang mungkin dapat terjadi selama proses
pelaksanaan pembangunan.
Dalam penelitian ini akan dibahas mengenai
penggabungan identifikasi dan analisis risiko dengan
menggunakan metode FTA dan FMEA. Kedua metoda ini dipilih
berdasarkan kelebihannya karena dapat menggabungkan penilaian
kualitatif dan kuantitatif dalam mengidentifikasikan dan
menganalisa risiko secara proaktif atau mencari bahaya sebelum
bahaya tersebut menimbulkan akibat atau dampak yang
merugikan. Metode FMEA digunakan untuk mengidentifikasi dan
mencegah sebanyak mungkin mode kegagalan. Metode ini memprioritaskan penyelesaian berdasarkan probability severity
tingkat keparahan dan bagaimana kegagalan dapat dengan
mudah dideteksi sehingga dapat dilakukan identifikasi sumber
penyebab untuk setiap kejadian yang paling dominan dalam
proses pembangunan fly over di Jalan Tol Surabaya Mojokerto.
Selanjutnya metode FTA digunakan untuk mencari sumber
permasalahan basic events yang muncul dan diuraikan dari
setiap indikasi kejadian puncak top event menggunakan Mocus.
Proses identifikasi potensi mode kegagalan dilakukan
berdasarkan survei wawancara langsung.
Dari hasil penelitian ini teridentifikasi 55 variabel risiko
yang terbagi dalam 4 jenis pekerjaan dengan 15 sub-item
pekerjaan yang sedang berlangsung di proyek. Tingkat
kepentingan risiko atau risiko yang paling kritis terjadi pada
pekerjaan jembatan girder up-structure sebesar 1265.
Kemudian prioritas risiko dari pekerjaan jembatan girder upstructure
ditindaklanjuti dengan menganalisis ulang sehingga
prioritas utama yang perlu diidentifikasi sumber penyebabnya
adalah erection girder. Adapun sumber penyebab risiko
kecelakaan disebabkan oleh empat faktor yaitu faktor
manusiaperilaku kerja karateristiklingkungan kerja peralatan
dan bahan material dan metode kerja.
ABSTRACT
In the construction of the fly over project activity occurs
uncertainties that would give rise a risk that can hamper the
smooth running of the project and can affect the potential for
accidents. Work accidents occur and indiscipline are several
factors that will impact on the productivity of labor. Accidents at
work will cause delays of work expense and distraction so that
other workers can reduce morale. To reduce the adverse impact
on the achievement of functional objectives of a project we need
a risk management system among other things includes the
identification analysis and monitoring of the risks that may
occur during the implementation process of development.
In this study will be discussed regarding the identification
and incorporation of risk analysis using FTA and FMEA method.
Both methods have been based on its advantages because it can
combine qualitative and quantitative assessment in identifying
and analyzing risks proactively look for danger before the danger
or the consequences or adverse effects. FMEA method used to
identify and prevent as much as possible modes of failure. This
method is based on prioritizing the completion probability
severity severity and how failure can be easily detected so that
cause can be identified for each occurrence of the most dominant
in the process of fly over in the highway construction Surabaya - Mojokerto. Furthermore the FTA method is used to find the
source of the problem basic events that emerged and described
any indication of peak incidence top event using Mocus. The
process of identification of potential failure modes based on a
survey conducted direct interviews.
From the results of this research identified 55 risk
variables were divided into 4 types of work with 15 sub-items
ongoing work on the project. The level of risk or the interests of
the most critical risk was occured in girder bridges occur upstructure
of 12.65. Then the risk of job priority girder bridges
up-structure followed by re-analyze so the main priority need
identified was the source of the cause girder erection. The source
of the cause of the risk of accidents caused by four factors
namely human factors work habits characteristics work
environment equipment and materials and methods of work.
Keywords:
Analisa risiko; Identifikasi; Jalan tol;
Kecelakaan kerja; Metode FTA; Metode FMEA; Mocus; Prioritas Risiko
Subject
: Manajemen resiko
Contributor
Cahyono Bintang N, ST., MT
Trijoko Wahyu Adi, ST., MT., Ph. D
Date Create
: 01/07/2014
Type
: Text
Format
: pdf
Language
: Indonesian
Identifier
: ITS-Undergraduate-31102150001050
Collection ID
: 31102150001050
Call Number
: RSS 658.155 Sin i
Source Undergraduate Thesis of Civil Engineering, RSS 658.155 Sin i, 2015
Coverage ITS Community
Rights Copyright @2015 by ITS Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to ITS Library