EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Moh. Fandika Aqsa


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Paper and Presentation » 51200-Teknik Informatika S2
Posted by tondoindra@gmail.com at 22/10/2014 21:38:01  •  1116 Views


ANALISIS CUSTOMER CHURN PADA PERUSAHAAN PENYEDIA LAYANAN INTERNET MENGGUNAKAN BAYESIAN BELIEF NETWORK

CUSTOMER CHURN ANALYSIS FOR INTERNET SERVICE PROVIDERS USING BAYESIAN BELIEF NETWORK

Author :
SUHARSO, WILDAN ( 5109202003 )




ABSTRAK

Jumlah pengguna Internet di seluruh dunia cenderung mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Tetapi pertumbuhan tersebut tidak selalu diikuti dengan peningkatan skala ekonomi untuk semua jenis perusahaan telekomunikasi. Salah satunya adalah perusahaan penyedia layanan Internet yang memiliki laju churn hingga 30 per tahun. Penelitian mengenai customer churn pada industri telekomunikasi telah banyak dilakukan. Tetapi di antara penelitian tersebut belum ada penelitian yang menggunakan metode bayesian belief network BBN untuk melakukan analisis customer churn pada perusahaan telekomunikasi pada sektor penyedia layanan Internet. Dalam penelitian ini analisis customer churn pada perusahaan penyedia layanan Internet dilakukan dengan melibatkan metode BNN yang ditambahkan dengan analisis pencilan untuk menghilangkan data ekstrim yang mungkin terdapat dalam data yang dianalisis. Tahapan analisis customer churn yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyiapan data diskritisasi variabel kontinyu analisis pencilan analisis korelasi dan uji multikolinieritas pembuatan diagram sebab-akibat pembuatan BBN. Analisis churn yang melibatkan data pelanggan personal maupun pelanggan korporasi dilakukan dengan bantuan paket perangkat lunak Genie 2.0 sedangkan analisis pencilan dan diskritisasi variabel kontinyu dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel 2007 dan XLSTAT 2013 Trial Lisence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pelanggan personal dan pelanggan korporasi harus dilakukan analisis yang terpisah karena penggabungan kedua data tersebut menyebabkan analisis pencilan menemukan banyak variabel yang harus dihilangkan akibat adanya perbedaan karakteristik yang mencolok di antara keduanya. Analisis pencilan berhasil menemukan beberapa variabel yang harus dikeluarkan dari data sebelum dilakukan analisis churn. Dari hasil analisis churn diperoleh bahwa pemberian bonus pada kelompok pelanggan personal upto dapat menurunkan churn hingga 35 sedangkan pada kelompok pelanggan quotabase hanya dapat menekan churn hingga 50. Untuk kelompok pelanggan korporasi penurunan churn sebesar 1 hanya dapat terjadi pada skenario pemberian bonus dan skenario penambahan akses berturut-turut untuk kelompok dedicated dan kelompok IIX. Penurunan churn sebesar 3 dimungkinkan terjadi pada skenario pemberian penambahan akses untuk pelanggan korporasi dari kelompok upto.


ABSTRACT

Jumlah pengguna Internet di seluruh dunia cenderung mengalami kenaikan pada setiap tahunnya. Tetapi pertumbuhan tersebut tidak selalu diikuti dengan peningkatan skala ekonomi untuk semua jenis perusahaan telekomunikasi. Salah satunya adalah perusahaan penyedia layanan Internet yang memiliki laju churn hingga 30 per tahun. Penelitian mengenai customer churn pada industri telekomunikasi telah banyak dilakukan. Tetapi di antara penelitian tersebut belum ada penelitian yang menggunakan metode bayesian belief network BBN untuk melakukan analisis customer churn pada perusahaan telekomunikasi pada sektor penyedia layanan Internet. Dalam penelitian ini analisis customer churn pada perusahaan penyedia layanan Internet dilakukan dengan melibatkan metode BNN yang ditambahkan dengan analisis pencilan untuk menghilangkan data ekstrim yang mungkin terdapat dalam data yang dianalisis. Tahapan analisis customer churn yang digunakan dalam penelitian ini meliputi penyiapan data diskritisasi variabel kontinyu analisis pencilan analisis korelasi dan uji multikolinieritas pembuatan diagram sebab-akibat pembuatan BBN. Analisis churn yang melibatkan data pelanggan personal maupun pelanggan korporasi dilakukan dengan bantuan paket perangkat lunak Genie 2.0 sedangkan analisis pencilan dan diskritisasi variabel kontinyu dilakukan dengan bantuan perangkat lunak Microsoft Excel 2007 dan XLSTAT 2013 Trial Lisence. Hasil penelitian menunjukkan bahwa data pelanggan personal dan pelanggan korporasi harus dilakukan analisis yang terpisah karena penggabungan kedua data tersebut menyebabkan analisis pencilan menemukan banyak variabel yang harus dihilangkan akibat adanya perbedaan karakteristik yang mencolok di antara keduanya. Analisis pencilan berhasil menemukan beberapa variabel yang harus dikeluarkan dari data sebelum dilakukan analisis churn. Dari hasil analisis churn diperoleh bahwa pemberian bonus pada kelompok pelanggan personal upto dapat menurunkan churn hingga 35 sedangkan pada kelompok pelanggan quotabase hanya dapat menekan churn hingga 50. Untuk kelompok pelanggan korporasi penurunan churn sebesar 1 hanya dapat terjadi pada skenario pemberian bonus dan skenario penambahan akses berturut-turut untuk kelompok dedicated dan kelompok IIX. Penurunan churn sebesar 3 dimungkinkan terjadi pada skenario pemberian penambahan akses untuk pelanggan korporasi dari kelompok upto



KeywordsCUSTOMER CHURN; BAYESIAN BELIEF NETWORK (BBN); OUTLIER ANALYSIS; INTERNET SERVICE PROVIDER (ISP)
 
Subject:  Pengambilan keputusan
Contributor
  1. Prof. Ir. Arif Djunaidy M.Sc., Ph.D
Date Create: 15/07/2013
Type: Text
Format: PDF
Language: Indonesian
Identifier: ITS-paper-51021140005471
Collection ID: 51021140005471
Call Number: RTIf 658.812 Suh a


Source
Paper And Presentation of Informatics Engineering RTIf 658.812 Suh a, 2014

Coverage
ITS Community

Rights
Copyright @2013 by ITS Library. This publication is protected by copyright and per obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a re transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, reco For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Summary ]

ITS-paper-51021140005471-32858.pdf




 Similar Document...




! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 34.226.244.70
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2020 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan