EMAIL: PASSWORD:
Front Office
UPT. PERPUSTAKAAN
Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya


Kampus ITS Sukolilo - Surabaya 60111

Phone : 031-5921733 , 5923623
Fax : 031-5937774
E-mail : libits@its.ac.id
Website : http://library.its.ac.id

Support (Customer Service) :
timit_perpus@its.ac.id




Welcome..guys!

Have a problem with your access?
Please, contact our technical support below:
LIVE SUPPORT


Davi Wahyuni


Tondo Indra Nyata


Anis Wulandari


Ansi Aflacha




ITS » Undergraduate Theses » Teknik Mesin
Posted by ida at 18/01/2010 16:00:24  •  4712 Views


ANALISA GETARAN SISTEM SUSPENSI KENDARAAN RODA DUA MULT DOF BERBASIS FUZZY LOGIC

VIBRATION ANALIZED OFMOTORCYCLE SUSPENSION SYSTEM WITH MULTI DOF BASED ON FUZZY LOGIC

Author :
Nurdiansyah, Rahardian Titus 




ABSTRAK

Studi tugas akhir ini dibahas tentang sistem kontrol fuzzy pada suspensi semi aktif untuk meningkatkan kinerja dari suspensi sesuai dengan kebutuhan kenyaman dan stabilitas arah dari kendaraan. Model kendaraan dengan 4 derajat kebebasan dipakai untuk mensimulasikan kinerja sistem suspensi semi aktif dengan kontroler fuzzy. Damping di kendalikan dengan menambahkan sebuah aktutor gaya pada sistem suspensi yang dikendalikan oleh kontroler fuzzy. Input yang digunakan untuk kontroler fuzzy adalah kecepatan absolut dan kecepatan relatif dari kendaraan. Respon dinamis yang dianalisa adalah percepatan kecepatan dan perpindahan dari sprungmass maupun unsprungmass kendaraan. Untuk Simulasi digunakan software SIMULINK MATLAB 6.5 dengan model input permukaan jalan berupa sinusoidal visualisasi model hasil dari simulasi digunakan VISUAL .BASIC 6 Dari hasil simulasi diperoleh bahwa kinerja sistem suspensi semi aktif dengan kontroler fuzzy lebih baik dari pada suspensi pasif dalam hal kenyamanan dan keamanan hal ini dapat dilihat system suspensi semi aktif kontroler fuzzy mampu mereduksi sprungmass vertical acceleration sprungmass vertical acceleration hingga 16.48 sprungmass pitching acceleration 16.51 unspungmass front side acceleration 16.24 unspungmass rear side acceleration 38.46 sprungmass vertical velocity 16.35 sprungmass pitching velocity 15.34 unspungmass front side velocity 16.21 unspungmass rear side velocity 16.69 sprungmass vertical displacement 13.22 sprungmass pithing displacement 16.19 unspungmass front side displacemen 15.76 and unspungmass rear side displacement 10.25.


ABSTRACT

Studi tugas akhir ini dibahas tentang sistem kontrol fuzzy pada suspensi semi aktif untuk meningkatkan kinerja dari suspensi sesuai dengan kebutuhan kenyaman dan stabilitas arah dari kendaraan. Model kendaraan dengan 4 derajat kebebasan dipakai untuk mensimulasikan kinerja sistem suspensi semi aktif dengan kontroler fuzzy. Damping di kendalikan dengan menambahkan sebuah aktutor gaya pada sistem suspensi yang dikendalikan oleh kontroler fuzzy. Input yang digunakan untuk kontroler fuzzy adalah kecepatan absolut dan kecepatan relatif dari kendaraan. Respon dinamis yang dianalisa adalah percepatan kecepatan dan perpindahan dari sprungmass maupun unsprungmass kendaraan. Untuk Simulasi digunakan software SIMULINK MATLAB 6.5 dengan model input permukaan jalan berupa sinusoidal visualisasi model hasil dari simulasi digunakan VISUAL .BASIC 6 Dari hasil simulasi diperoleh bahwa kinerja sistem suspensi semi aktif dengan kontroler fuzzy lebih baik dari pada suspensi pasif dalam hal kenyamanan dan keamanan hal ini dapat dilihat system suspensi semi aktif kontroler fuzzy mampu mereduksi sprungmass vertical acceleration sprungmass vertical acceleration hingga 16.48 sprungmass pitching acceleration 16.51 unspungmass front side acceleration 16.24 unspungmass rear side acceleration 38.46 sprungmass vertical velocity 16.35 sprungmass pitching velocity 15.34 unspungmass front side velocity 16.21 unspungmass rear side velocity 16.69 sprungmass vertical displacement 13.22 sprungmass pithing displacement 16.19 unspungmass front side displacemen 15.76 and unspungmass rear side displacement 10.25.



Keywordssuspensi semi aktif, kontroler fuzzy, aktuator, keamanan, kenyaman, efektifitas.
 
Subject:  Motorcycles -- Springs and Suspension
Contributor
  1. Ir. Yusuf Kaelani, MSc.ENG
Date Create: 18/01/2010
Type: Text
Format: pdf
Language: Indonesian
Identifier: ITS-Undergraduate-3100007028565
Collection ID: 3100007028565
Call Number: RSM 629.227 5 Nur a


Source
Undergraduate Theses of MECHANICAL ENGINEERING Industrial Technology Faculty, RSM 629.227 5 Nur a, 2007

Coverage
ITS Community Only

Rights
Copyright @2007 by ITS Library. This p ublication is protected by copyright and permission should be obtained from the ITS Library prior to any prohibited reproduction, storage in a retrievel system, or transmission in any form or by any means, electronic, mechanical, photocopying, recording, or likewise. For information regarding permission(s), write to ITS Library




[ Download - Open Access ]

  1.  ITS-Undergraduate-8211-2100100115-abstract.pdf - 13 KB




 Similar Document...

     No similar subject found !


! ATTENTION !

To facilitate the activation process, please fill out the member application form correctly and completely

Registration activation of our members will process up to max 24 hours (confirm by email). Please wait patiently

POLLING

Bagaimana pendapat Anda tentang layanan repository kami ?

Bagus Sekali
Baik
Biasa
Jelek
Mengecewakan





You are connected from 10.199.6.2
using CCBot/2.0 (https://commoncrawl.org/faq/)



Copyright © ITS Library 2006 - 2021 - All rights reserved.
Dublin Core Metadata Initiative and OpenArchives Compatible
Developed by Hassan